kumpulan data pekerjaan dan hoby. Blog ini bukan untuk menggurui, tapi hanya sekedar catatan, silahkan bila ada koreksi maupun tambahan informasi praktis dalam dunia MEP

Senin, 17 November 2008

BISNIS ONLINE, REALITA ATAU MIMPI

Dari pengamatanku selama ini, memang banyak yang menjadi kaya/sukses dengan bisnis onlinenya. namun bila diamati, sebagian besar yang dibisniskan bukan produk real. melainkan membisnisi orang orang yang termakan promosi akan kesuksesan bisnis online.
Bagi Perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang Real, memiliki situs online masih menjadi beban mereka, imbal baliknya hanya pada sisi image saja, tidak menjadikan online sebagai tulang punggung perusahaan dalam menggerakkan sektor real.
Berapa banyak bisnis real yang mencoba keberuntungan didunia online yang gagal? bisa kita search aja, akan muncul berbagai macam bisnis real yang situsnya "setengah on" alias "mati suri". Situsnya masih ada tetapi sudah tidak dikelola lagi. Entah perusahaan itu sudah bubar atau mereka lebih sibuk menjalankan sistem kerja tradisional.
Atau situs situs yang bertebaran menawarkan segala barang, namun bila diteliti banyak yang asal bikin dan asal jual tanpa mengindahkan faktor bisnis, yang penting punya gerai online tanpa peduli produknya punya daya saing seperti bisnis di pasar pasar konvensional. Pengunjungnya pun hanya mereka mereka sendiri. "wow kerren, mampir juga lho ke situsku," itu komentar yang paling banyak muncul di gerai gerai mereka.

Kendala apa saja yang menghalangi pebisnis real untuk eksis melalui dunia online?
- Pebisnis real yang bisnisnya bukan produk IT, bukan orang yang "melek" IT. Istilah "melek" ini bisa berarti mengerti dan aktif di dunia IT (browsing, chating, email, bloging) atau bisa juga berarti korban gombalisme IT.
- Bila Dia "melek" IT, belum tentu clien dan pasarnya berada di dunia IT, hal ini bisa dilihat transaksi bisnis selama ini lebih banyak menggunakan sistem konvensional, yaitu: sahabat lama, pertemuan fisik, telepon, fax. bila ada, hanya sedikit mixed aja, misalnya menggunakan email, sedangkan YM lebih banyak untuk "menebar pesona" saja.
- Online masih dianggap sebagai hiburan, bukan pekerjaan. Coba tanya karyawan atau pimpinan, kebiasaan mereka online. Lebih banyak digunakan untuk rehat sebentar dari ketegangan rutinitas kerja. Bahkan kalau sudah terjebak di dunia chat, bisa lupa dengan pekerjaan. maka jangan heran bila Bos menegur karyawannya, "ini online terus, gak kerja kerja." atau teman chat di seberang sana, "mas, ol terus, gak dimarahin Bos?"
- Orang orang yang online sebagian besar bukan pangsa pasar potensial produksi real. Mereka hanya pangsa pasar produk IT yang berhubungan dengan kecanduan onlinenya (warnet, PC, Laptop, Ipod, iphone, wifi, dll).
- Di dunia ini, kertas masih berkuasa. Dokumen selain kertas masih menjadi pendukung saja.

Lalu?
Ya tunggu saja sambil terus berkarya, Insya Allah perubahan lambat laun akan terjadi. Dengan semakin cepatnya koneksi, semakin luasnya jangkauan, semakin murahnya harga bite, semakin "melek" masyarakat. IT akan menjadi front terdepan perubahan (ini kata kata basi =)) ). Seperti menghilangnya mesin tik diganti PC/Laptop. Menghilangnya meja gambar diganti AutoCad, 3D. Banyak drafter yang harus pensiun dini karena tidak bisa autocad, 3D.

Untuk para admin, semangat dong bikin "keren" site yang dikelolanya, bikin supaya alur transaksi tempat kerjanya semakin tinggi melalui IT yang dikelolanya. Bikin lingkungan kerjanya merasa mendapatkan manfaat yang besar dibanding saat konvensional. Kedekatan dengan clien terjaga utuh dan mudah dilakukan dengan dukungan IT. Tetap kerja keras meski gaji kecil, pemain bintang awalnya juga dikontrak murah dan mereka tetap bermain bagus. Bukan malah kerjanya main2 ngabisin bite kantor, nanam bom virus, ngacak2 file pribadi bos dan rekan kerja untuk nilai tawar/ancam. peace :)

Untuk para Pengusaha, bikin dong perusahaan yang berorientasi prestasi, bukan absensi, jadi di jenis perusahaan inilah bisnis real bisa hidup secara online.

Mengenai Saya

denpasar, bali, Indonesia
tempat nangkring data untuk pekerjaan desain mekanikal dan elektrikal