kumpulan data pekerjaan dan hoby. Blog ini bukan untuk menggurui, tapi hanya sekedar catatan, silahkan bila ada koreksi maupun tambahan informasi praktis dalam dunia MEP

Selasa, 09 Desember 2008

TIPS TRAVELING

Traveling, Tamasya, Liburan, Vakansi, Safari, jalan jalan dan banyak istilah lainnya bisa berarti dua keadaan, menyenangkan atau menyedihkan. Menyenangkan apabila kegiatan yang dilakukan sesuai dengan harapan, kalau menyedihkan ya sebaliknya.
Lalu bagaimana kiat kita agar traveling yang kita rencanakan resikonya hanya bahagia. Berikut tips yang mungkin bisa membantu.

1. Pastikan anda mau kemana, ngapain, berapa lama. Kalau ketiga hal tersebut tidak punya, lebih baik ke tempat ibadah terdekat, bertobat, daripada kebingungan anda membahayakan orang lain hehe.

2. Bersama orang yang membuat anda bahagia (istri/suami). Jangan dengan pacar atau nyari nyari pasangan dijalan. Karena pulang pulangnya bukan fresh, tapi stres :). Ingat tragedi titanic, mau kena azab begitu gara gara nyari gacoan saat di perjalanan? hiii... Kalau perjalanan sendiri lebih cocok untuk para penulis, pengarang lagu dan pemimpi hehehe. karena mereka lebih menikmati penderitaan ditempat indah indah.

3. Selesaikan semua urusan yang kemungkinan mengganggu liburan.

4. Sepakat bahwa tujuan liburan itu adalah tempat yang indah bagi kalian berdua.

5. Bila anda menguasai lokasi tujuan, lebih baik mengadakan perjalanan sendiri. Kalau belum, ya pasrahkan pada paket wisata, meski kayak anak bebek digiring kesana kemari hehe kwek kwek...

6. Persiapan yang matang. Disusun yang detail kemana aja acaranya, naik apa, nginap dimana, makan dimana, istirahat dimana, jam berapa disana. Jangan terlalu banyak kegiatan yang mengharuskan pindah pindah lokasi. Rencanakan sedikit mobilisasi dan fokuskan ke lokasi yang diinginkan berdua, beri waktu agak panjang. Bete kan kalau baru duduk udah harus pindah obyek wisata lagi, mirip sinetron kejar tayang hehe. Santai aja Boz....

7. Siapkan cadangan waktu dan dana untuk surprise pasangan kita, jangan merencanakan perjalanan yang kepulangannya pas besoknya harus kerja. beri cadangan 1-2 hari, bila menyenangkan bisa nambah. Daripada harus bolos atau kelamaan bikin jadwal trus pulang duluan karena perjalanannya berantakan. Bila pasangan kita ingin berlama lama disana, kita bisa jadikan tambahan hari libur menjadi hadiah yang menyenangkan.

8. Bawa obat obatan yang biasa dipakai bila terkena sakit. eits... tapi bukan yang tergolong NARKOBA lho...

9. Jangan lupa oleh oleh untuk orang orang yang kita percaya menyelesaikan urusan hari hari kita selama liburan. mulai Boz, rekan sejawat, ortu, pembantu dirumah.

10. Untuk mereka yang masih remaja, yang lebih suka berteman dan berpetualang.

- Bersama sahabat karib, minimal bertiga, semakin banyak semakin seru.

- Meski lebih suka petualang dan berbau nekad, tetap persiapan yang matang harus ada untuk menjaga kenyamanan perjalanan.
misal saat mendaki gunung, selain makanan dan minuman 1,5 kali menu perjalanan. Bivak dan sleeping bag wajib dibawa dan dijaga tetap kering. Karena itu tempat recoveri diri kita. Enggak lucu kedinginan semalaman diatas gunung dg pakaian basah ditengah hujan.

- Bodoh apabila mendaki gunung atau yang lainnya hanya mencari gengsi, ngebut mendaki sampai ngos-ngosan, bertengkar karena ada yang "nggandol" bahkan berpisah karena hal konyol itu. Ingat banyak kematian dimulai dari hal konyol ini. Kenapa tidak kita nikmati saja setiap tapak perjalanan, lihat keindahan alam di kanan kiri kita. Curhat di alam bebas sambil jalan, bercanda. Kalau capek, berhenti, gak kuat ya balik turun. Berapa banyak hal yang harus dikorbankan hanya demi gengsi?

- Petualangan yang seru adalah bila bisa menolong orang lain, bukan menjadi beban orang lain. Mengamati lingkungan bukan diamati lingkungan.

- Dalam kondisi apapun, tetaplah bergembira, karena tujuan dari petualangan adalah saling berbagi kebaikan sesama teman seperjalanan. Semakin berat petualangannya, semakin terlihat siapa yang tulus jadi sahabat kita.

Mengenai Saya

denpasar, bali, Indonesia
tempat nangkring data untuk pekerjaan desain mekanikal dan elektrikal